Friday, January 4, 2008

Free soloing




Suatu hal untuk adik – adikku;


Salah satu bagian dalam pemanjatan tebing batu ialah FREE SOLOING atau FREE SOLO CLIMBING. Memanjat pada tebing tanpa menggunakan alat untuk pengaman ataupun sebagai penambah ketinggian.

Pemanjatan dengan cara ini biasa diperuntukan pada pemanjat profesional dengan kata lain, sangat tidak dianjurkan untuk para pemanjat pemula bahkan tahap pengenalan. Untuk lebih mengarah pada keselamatan aktifitas pemanjatan, free soloing dilakukan pada tebing yang sudah akrab dengan si pemanjat. Maksudnya sang pemanjat telah melakukan pemanjatan berkali kali di tebing tersebut sehingga sang pemanjat benar benar mengenal sejuk beluk karakter tebing tersebut.

Adik adikku yang lagi kumpul di ISTANA. Memang ada yang gila, langsung memanjat tebing pada pertemuan pertama. Namun orang seperti itu memiliki keyakinan yang kuat alam kemampuan dan kekuatannya. Tapi perlu kalian ketahui, alam tak bersahabat dengan orang sombong. Jangan kira krack yang besar itu kokoh.

Yang penting sebagai Climber ialah menjadi profesional yaitu dengan mengikuti yang sudah diatur standarisasinya.

Baik.. Adik adikku! Tak ada yang tinggi untuk didaki selama kita bisa menyatu dengan alam dan alam tak akan bersatu dengan kesombongan.
Hammer for young Sylva generation

No comments:

Jazzindo